Berbagi Praktik baik bersama SDN 15 Kabila

 

    Alhamdulillah berjalan dengan lancar, pada hari kamis, tanggal 24 Oktober 2024 saya telah melakukan berbagi praktik baik dan berkolaborasi bersama salah satu rekan saya guru di SDN 14 Kabila yang juga termasuk sahabat teknologi Gorontalo, ibu Nur Ulfany Abas. Kami berdua melakukan praktik baik di Sekolah Dasar Negeri 15 Kabila. Kegiatan ini dilakukan secara tatap muka dan dihadiri oleh guru dan tenaga administrasi.

Gambar. Berbagi dan berkolaborasi bersama SDN 15 Kabila

    Tepat pada pukul 14.00 WITA kami berdua langsung memulai praktik baik dan langsung memaparkan materi.  Diawali dengan penyampaian materi oleh saya yaitu tentang Pemanfaatan Digital dalam Pembelajaran Berdiferensiasi.  Pembelajaran yang dirancang dengan menyenangkan dan menarik memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap  proses pembelajaran. Saya menjelaskan bahwa salah satu pembelajaran paradigma baru yang telah muncul dalam pendidikan Indonesia adalah pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi adalah suatu pendekatan yang mendukung keberagaman peserta didik di dalam kelas. Hal ini dilakukan dengan memberikan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didik


Gambar. Pemaparan materi tentang pemanfaatan teknologi digital dan pembelajaran berdiferensiasi

    Pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kecerdasan peserta didik perlu adanya sebuah media pembelajaran yang menarik minat dan atensi yaitu  Salah satunya adalah Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).  Untuk Pemaparan media ini disampaikan langsung oleh rekan saya ibu Nur Ulfany Abas, S.Pd.

Gambar. Pemaparan materi tentang pemanfaatan MPI dalam pembelajaran 

    Multimedia Pembelajaran interaktif ialah media yang dapat dimanfaatkan untuk memperjelas proses pembelajaran jika didukung oleh media pembelajaran yang dapat menarik minat dan atensi peserta didik sehingga dapat menyediakan lingkungan belajar yang adaptif serta variatif, peserta didik juga bisa mengendalikan dan menentukan sendiri urutan materi pembelajaran yang sesuai dengan keinginan. Dengan menggabungkan berbagai komponen (teks, grafik, audio, video/animasi) dan menggunakan komputer/laptop untuk mengilustrasikan suatu konsep melalui animasi, suara, dan peragaan yang menarik, multimedia interaktif dalam pembelajaran dapat menghasilkan pembelajaran yang efektif yang memungkinkan peserta didik berkembang sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan sesi tanya Jawab. Salah satu guru di SDN 15 Kabila bernama ibu Silvianingsih Abdurrahman, S.Pd memberikan pertanyaan mengenai bagaimana cara dalam pembuatan media interaktif dan bagaimana  memasukkan games atau quiziz  dalam media tersebut!. Langsung saja kami menjawab pertanyaan tersebut dan langsung mempraktikan cara pembuatan MPI. Alhamdulillah setelah pemaparan dari kami, guru-guru antusias dan ingin mencobanya.

Di akhir kegiatan berbagi dan berkolaborasi, tak lupa kami berfoto bersama sebagai bukti dokumentasi dan ini akan menjadi moment bersejarah kami dalam berbagi dan berkolaborasi dikegiatan PembaTIK  tahun 2024.

 

Gambar. Foto Bersama Staf Dewan Guru SDN 15 Kabila

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berbagi Praktik baik bersama SDN 15 Kabila"

Posting Komentar